Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kota Bima menggelar Pasar Ramadhan 1439 Hijriah di depan Asi Mbojo pada Kamis, 17 Mei 2018. Pasar Ramadhan ini dibuka oleh Walikota Bima M. Qurais H. Abidin.

Hadir pula Kapolres Bima Kota bersama Ketua Bhayangkari Kota Bima, Sekretaris Daerah Kota Bima, Ketua TP PKK Kota Bima, Ketua DWP Kota Bima, Ketua Iswara Kota Bima, para Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Bima, beserta Camat dan Lurah, serta pimpinan BRI Cabang Bima.

Kepala Dinas Koperindag Kota Bima Nurjanah, S.Sos, menyampaikan bahwa pada gelaran pasar Ramadhan tahun ini ada 116 pedagang kuliner yang ikut serta. Selain itu, semua UKM yang tercatat pada Dinas Koperindag juga dilibatkan.

Para pedagang juga diwajibkan mengenakan celemek dan kaos tangan yang secara khusus disiapkan oleh Dinas Koperindag Kota Bima serta dibagikan secara gratis. Kegiatan gelar Pasar Ramadhan ini akan dilaksanakan selama 1 bulan yaitu dari tanggal 17 Mei sampai dengan 14 Juni 2018.

“Kami juga melibatkan Satgas Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) untuk menjaga keamanan dan ketertiban”, ujar Kadis Koperindag.

Pelibatan Satgas APPSI ini mendapat apresiasi dari Walikota Bima. Selain itu, diapresiasinya pula Koperindag yang mengajak para pelaku UKM untuk menyajikan makanan siap saji yang bersih dan higienis dengan pemberian celemek dan kaos tangan secara gratis.

Diingatkannya seluruh elemen masyarakat agar mendukung upaya mewujudkan lingkungan yang aman dan tertib. Pasar Ramadhan merupakan kegiatan rutin tahunan Pemerintah Kota Bima yang digelar selama bulan puasa.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menghidupkan UKM kuliner serta memudahkan masyarakat mendapatkan kebutuhan lauk pauk untuk berbuka puasa”, ujar Walikota.

Pada akhir sambutannya, Walikota menghimbau kepada seluruh masayarakat agar memakmurkan masjid, mushola dan tempat tempat ibadah dengan sholat lima waktu, tarawih dan tadarus Al-Qur’an.***