Jajaran Pemerintah Kabupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah berkunjung ke Kota Bima dalam rangka studi banding program pengurangan risiko bencana. Rombongan tiba di Kota Bima pada hari Selasa, 17 April 2018, disambut oleh jajaran BPBD Kota Bima.

Rombongan Pemerintah Kabupaten Temanggung dipimpin oleh Sekretaris Daerah Drs. Bambang Arochman, MM, beranggotakan 16 orang, antara lain Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala BPPKAD, Kepala DPUPKP, Kepala DPMPTSP, Kepala Pelaksana BPBD, Kepala Bagian Pembangunan, Kepala Bagian Hukum, dan Kepala Bagian Umum.

Sekda Kabupaten Temanggung bersama rombongan diterima secara resmi oleh Sekda Kota Bima Drs. H. Mukhtar, MH, di ruang rapat Walikota Bima pada Rabu pagi, 18 April 2018, didampingi Asisten II Setda Kota Bima Dr. Ir. H. Syamsuddin, MS, Staf Ahli Walikota, Kepala Pelaksana BPBD, Kepala BPKAD, perwakilan Dinas PUPR, dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Sekda Kota Bima menyampaikan penjelasan singkat tentang arah pembangunan dan program pengurangan risiko bencana Kota Bima. Ia pun memaparkan potensi dan tantangan yang dihadapi daerah.

“Kehadiran jajaran Pemerintah Kabupaten Temanggung ini merupakan kesempatan untuk bertukar pengalaman antara kedua daerah”, ucapnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Temanggung menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan hangat Pemerintah Kota Bima. Dijelaskannya, rombongan yang hadir merupakan anggota tim penanggulangan bencana daerah di Temanggung.

Ia mengapresiasi pelaksanaan program penanggulangan bencana di Kota Bima. Salah satu hal yang ingin ditinjaunya adalah optimalisasi peran masing-masing klaster dalam penanggulangan tanggap darurat banjir bandang Kota Bima.

Usai pertemuan di kantor Walikota, tim penanggulangan bencana Kabupaten Temanggung melanjutkan kegiatan di kantor BPBD Kota Bima untuk bertemu dan berdiskusi dengan para stakeholder penanggulangan bencana Kota Bima. Rombongan dijadwalkan kembali ke Temanggung Rabu siang (18/4).***