Pelaksanaan Haflah Tilawatil Qur’an dalam rangka peringatan HUT Kota Bima ke-16 tahun 2018, telah dimulai pada Rabu malam, 4 April 2018. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Walikota Bima M. Qurais H. Abidin di halaman kantor Walikota.

Tahun ini, rangkaian Haflah dilaksanakan di tiga lokasi, yaitu di halaman kantor Walikota pada tanggal 4 April 2018, di Lapangan Pahlawan – Raba tanggal 5 April 2018, dan di Lapangan Serasuba tanggal 6 April 2018.

Haflah Tilawatil Qur’an kini telah menjadi kegiatan rutin dalam rangkaian peringatan HUT Kota Bima. Setiap tahun, Pemerintah Kota Bima melalui PHBI dan Bagian Kesra Setda Kota Bima menghadirkan qori atau qoriah internasional untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Kegiatan ini selalu mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Tidak terkecuali tahun ini. Qori yang dihadirkan adalah Al-Ustadz H. Darwin Hasibuan, S.Pdi.

Hadir Ketua MUI Kota Bima sebagai pemimpin doa. Unsur FKPD diwakili oleh Dandim 1608/Bima dan Kapolres Bima Kota. Hadir pula Ketua TP PKK Kota Bima Hj. Yani Marlina M. Qurais, perwakilan berbagai ormas Islam, para tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta Plt Sekretaris Daerah Kota Bima beserta jajaran.

Dalam sambutannya, Walikota menyampaikan ucapan terimakasih kepada para alim ulama yang selalu membimbing masyarakat maupun Pemerintah.

“Saya berterimakasih kepada para tokoh agama yang tidak segan memberikan masukan dan menegur jika saya bertindak keliru. Ini menunjukkan perhatian dan rasa sayang karena beliau-beliau tidak ingin melihat kita berbuat salah”, katanya.

Ia pun menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang membantu Kota Bima sehingga dapat pulih dari musibah banjir bandang dalam waktu relatif cepat.

Diuraikannya beberapa kegiatan dan upaya rehabilitasi dan rekonstruksi pasca banjir sesuai arahan BNPB. Diantaranya adalah normalisasi sungai dan rekonstruksi jembatan yang memiliki tiang penyangga tengah yang biasanya menjadi salah satu faktor penyebab banjir karena menahan aliran air atau material yang terbawa arus.

Walikota juga menghimbau masyarakat untuk menjaga keamanan dan kondusifitas daerah.  ***