Walikota Bima M. Qurais H. Abidin menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) bersama Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Nusa Tenggara Barat tentang Pemanfaatan Bersama Data dan Informasi serta Penguatan Koordinasi Penyelenggaraan Pelaksanaan Kebijakan Pengelolaan Keuangan Publik dalam pelaksanaan Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Penandatangan dilaksanakan di ruang Rapat Walikota Bima pada Selasa, 20 Maret 2018.

Hadir Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB Taukhid, SE, MSc.IB, MBA, beserta rombongan, Kepala KPPN Bima Saprudin, Plt Sekda Kota Bima Dr. Ir. H. Syamsuddin, MS, Kepala Dinas Koperindag Kota Bima, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala BPPKB Kota Bima, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Kepala BPKAD Kota Bima, Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Kadis Pertanian dan Peternakan, Kadis Dikbud dan Kabag Ekonomi Setda Kota Bima.

Ruang lingkup Nota Kesepahaman meliputi: (1) Pertukaran Data dan Informasi Keuangan publik di dan/atau atas wilayah Kota Bima; serta (2) Kerjasama penguatan koordinasi penyelenggaraan dalam pelaksanaan kebijakan pengelolaan keuangan publik dalam pelaksanaan hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi NTB dalam arahannya menyampaikan bahwa penandatangan MoU tersebut dimaksudkan sebagai kerangka dasar yang menjadi acuan dalam kegiatan pemanfaatan bersama data dan informasi serta penguatan koordinasi penyelenggaraan pelaksanaan kebijakan pengelolaan keuangan.

“Nota Kesepahaman ini menjadi langkah strategis untuk diteruskan menjadi langkah-langkah konkrit guna penguatan koordinasi penyelenggaraan pelaksanaan kebijaksanaan pengelolaan keuangan publik dalam hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah”, jelas Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB.

Dalam sambutannya, Walikota mengharapkan dengan adanya Nota Kesepahaman ini dapat terjalin kerjasama yang baik dan penguatan koordinasi antara pemerintah Kota Bima dengan Kantor Wilayah Direktorat Jendral Perbendaharaan Provinsi NTB.

Usai penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan pemberian plakat, piagam serta buku dari Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB kepada Walikota Bima. Kemudian dilanjutkan dengan Knowledge Sharing oleh Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB.

Dalam pemaparannya disampaikan gambaran lengkap mengenai hal-hal terkait perekonomian dan kondisi ketenagakerjaan di Kota Bima. Untuk penyaluran DAK Fisik pada umumnya berjalan baik dan lancar begitupula halnya dengan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang menunjang kegiatan perekonomian dan usaha rakyat NTB. ***