Inspektorat Kota Bima bekerjasama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan NTB menggelar bimbingan teknis pemenuhan infrastruktur dalam rangka peningkatan kapabilitas APIP level 3 di aula kantor Walikota Bima, Selasa, 6 Maret 2018.

Bimtek dibuka secara resmi oleh Plt. Sekretaris Daerah Kota Bima Dr. Ir. H. Syamsuddin, MS. Turut hadir Inspektur Inspektorat Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu dan Kabupaten Sumbawa Besar.

Dalam pengantarnya, Inspektur Kota Bima Drs. H. Ramli Hakim, M.Si, menyampaikan bahwa bimtek digelar selama 3 hari tanggal 6 – 8 Maret 2018 akan berlangsung di aula kantor Inspektorat Kota Bima diikuti 28 peserta yang berasal dari Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu dan Kabupaten Sumbawa Besar.

Bimtek bertujuan untuk meningkatkan peran dan kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) agar lebih efektif.

“Untuk mencapai level 3 itu sulit, tidak segampang membalikkan telapak tangan. Perlu ada perbaikan sistem, tata kelola, standar operasional prosedur, perencanaan berbasis risiko, pola kerja serta komitmen dan dukungan pimpinan daerah. Enam poin tersebut bisa dibedah atau didiskusikan, sehingga 4 Kabupaten/Kota yang mengikuti bimtek ini bisa meraih level 3”, jelasnya.

Koordinator Pengawasan Bidang Program dan Pelaporan serta Pembinaan APIP perwakilan BPKP Provinsi NTB Tri Wibowo Aji mengatakan bahwa Bimtek ini sangat penting dalam usaha pencapaian level 3 kapabilitas APIP karena target pencapaian level 3 maturitas SPIP dan kapabilitas APIP yang ditetapkan sesuai RPJMN pada tahun 2019 dimajukan dan dicapai seluruhnya pada tahun 2018, mengingat risiko pada akhir RPJMN lebih tinggi dan memasuki tahun pemilihan Presiden.

“Tahun 2017 lima inspektorat di wilayah NTB yakni provinsi NTB, Kabupaten lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Kota Mataram dan Kabupaten Sumbawa Barat telah meraih kapabilitas APIP Level 3. Inspektorat yang masih pada level 2 harus bekerja lebih keras untuk mencapai target RPJMN level 3 tahun 2018 ini”, ujarnya.

Sementara itu, Plt. Sekda Kota Bima dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada perwakilan BPKP provinsi NTB yang terus menerus mendampingi kabupaten/kota khususnya Kota Bima dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Semoga kerjasama ini terus berlangsung dengan baik pada masa yang akan datang.

Pelaksanaan siklus pengelolaan keuangan negara/daerah pada seluruh tahapan proses manajemen pengelolaan keuangan negara/daerah perlu peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang secara intensif dan optimal untuk meningkatkan kualitas transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara/daerah. Selain itu, akan meningkatkan akuntabilitas keuangan dan kinerja pemerintahan untuk mencapai good governance dan clean government.

Oleh karena itu, Plt. sekda berharap setelah bimtek ini bisa menghasilkan perbaikan yang signifikan dalam usaha peningkatan kapabilitas APIP menuju level 3.***