Peringatan Hari Ulang Tahun Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia (IWAPI) yang ke-43 Tingkat Provinsi NTB dilaksanakan di Kota Bima. Puncak acara digelar di Paruga Nae Kota Bima pada Kamis siang, 22 Februari 2018.

Hadir pada acara tersebut Walikota Bima M. Qurais H. Abidin, unsur FKPD Kota Bima, Ketua DPD IWAPI NTB Hj. Baiq Diyah Ratu Ganefi, SH, Ketua DPC IWAPI Kota Bima Hj. Yani Marlina, Wakil Ketua IWAPI Kota Bima Hj. Badrah Ekawati A. Rahman, para ketua DPC IWAPI Kota/Kabupaten se-NTB, Sekda dan para pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kota Bima, serta para pimpinan organisasi wanita.

Dalam laporan Ketua Panitia yang disampaikan oleh Hj. Badrah Ekawati A. Rahman, ia menyampaikan rasa bangga karena Kota Bima dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan HUT IWAPI ke-43 Tingkat Provinsi NTB.

Disampaikannya bahwa pada HUT IWAPI ke-43 ini diisi dengan rangkaian kegiatan diantaranya pembinaan kepada IKM dan UKM di 5 Kecamatan yang ada di Kota Bima sekaligus pemberian bantuan bahan untuk para pengusaha tenun.

Ada pula pemgobatan gratis dan pelayanan KB Gratis, pemberian bantuan sembako bagi warga kurang beruntung, serta pelatihan UKM pangan dan industri yang terpusat di Kantor PLUT Amahami Kota Bima bekerjasama dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kota Bima.

Alhamdulillah pelaksanaan rangkaian kegiatan ini berjalan lancar dan mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah serta masyarakat penerima manfaat”, ujar Hj. Badrah Ekawati.

Ketua DPC IWAPI Kota Bima Hj. Yani Marlina M. Qurais memaparkan bahwa sejak dikukuhkan pada Agustus 2016 lalu, IWAPI Kota Bima telah melaksanakan berbagai upaya pemberdayaan perempuan melalui misi “Memberdayakan dan memperkuat kaum perempuan terutama UKM melalui peningkatan kemampuan anggota untuk mengelola usaha, mendapatkan akses terhadap teknologi baru, pemasaran dan pembiayaan”.

Secara khusus Ketua DPD IWAPI Kota Bima menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Walikota Bima beserta seluruh jajarannya yang senantiasa memberikan dorongan dan semangat kepada seluruh organisasi wanita di Kota Bima untuk terus berkiprah memberdayakan diri dan keluarga. Demikian pula disampaikannya pula ucapan terima kasih kepada DPD IWAPI Provinsi NTB atas bimbingan dan hubugan kemitraan dalam rangka peningkatan kinerja IWAPI di daerah Kota maupun Kabupaten se-NTB.

“Momentum peringatan HUT IWAPI Tingkat Provinsi NTB ke-43 ini menjadi langkah kita untuk semakin memperkuat kemitraan antara pemerintah daerah, IWAPI Provinsi serta IWAPI Kota dan Kabupaten”, harap Hj. Yani Marlina.

Dalam sambutannya, Walikota Bima menyampaikan kebanggaannya karena IWAPI dalam perkembangannya mampu menjadi salah satu organisasi yang kuat dan milik berbagai kalangan, sehingga merubah paradigma masa lalu bahwa IWAPI identik dengan organisasi kelas menengah ke atas.

“Peran IWAPI secara langsung dan tidak langsung mampu mendorong semangat kewirausahaan para remaja putri dan ibu rumah tangga tanpa mengabaikan tugas utamanya di dalam keluarga”, puji Walikota.

Dijelaskannya, saat ini IWAPI telah mampu menjangkau semua lapisan pengusaha perempuan bahkan hanya 2% anggota IWAPI NTB yang merupakan pengusaha besar, selebihnya sebanyak 70% anggotanya adalah para pengusaha kecil atau industri skala rumah tangga.

“Semoga dengan kondisi ini semakin banyak pelaku usaha kecil yang bisa disentuh melalui berbagai progran pendampingan oleh IWAPI”, harap Walikota. ***