Senin, 12 Februari 2018 pukul 09.40 Wita, bertempat di jalan Gajah Mada Kantor KPU Kota Bima Kel. Penatoi Kec. Mpunda Kota Bima, telah berlangsung kegiatan Rapat Pleno terbuka terkait pengumuman penetapan Paslon Walikota dan Wakil Walikota Bima tahun 2018. Rapat pleno tersebut dipimpin oleh Ketua KPU Kota Bima Bukhari, S.Sos dengan jumlah peserta 30 orang.

Hadir dalam rapat tersebut:

1) Ketua KPU Kota Bima beserta komisioner KPU Kota Bima;
2) Ketua Panwas Kota Bima Sukirman, SH, berserta Komisinoner Panwas;
3) Kasdim 1608 Bima Mayor Inf Abdul Haris;
4) Kapolres Bima Kota AKBP Bagus Winarta;
5) Plt Sekda Kota Bima Dr. Ir. H. Syamsudin, MS;
6) Para Ketua DPC Partai Politik atau mewakili;
7) Para Tim penghubung dan pengusung Partai Politk Paslon Walikota dan Wakil Walikota Bima;
8) Kaban Kesbangpol Kota Bima Achmad Fathony; serta
h. Paslon Subhan M. Nur – Wahyudin.

Ketua KPU Kota Bima menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta rapat pleno terbuka pengumuman dan penetapan Paslon Walikota dan Wakil Walikota Bima tahun 2018. Disampaikannya, sesuai dengan agenda KPU Pusat bahwa pada tanggal 12 Februari 2018 merupakan jadwal pengumuman Paslon Pilkada seluruh Indonesia di Kantor KPU masing masing daerah.

“KPU Kota Bima sudah menerima dokumen perbaikan yang diserahkan oleh masing masing Paslon dan sudah dilakukan penelitian sesuai dengan prosedur yang berlaku. Hasil dari penelitian tersebut diumumkan dalam rapat pleno terbuka hari ini”, kata Bukhari, S.Sos.

Hasil dari penelitian dokumen persyaratan pencalonan tersebut sebagai berikut:

a) Bahwa Paslon Subhan M. Nur – Wahyudin sudah lengkap dan memenuhi syarat pencalonan sebagai Calon Perseorangan dan jumlah dukungan akhir 10.875.

b) Bahwa hasil penelitian terhadap dokumen Paslon H. Arahman H. Abidin – Hj. Fera Amelia sudah memenuhi syarat pencalonan.

c) Bahwa hasil penelitian terhadap dokumen Paslon H. M. Lutfi – Fery Sofian sudah memenuhi syarat pencalonan.

d) Bahwa hasil penelitian terhadap dokumen Paslon Taufik – Usman AK tidak memenuhi syarat pencalonan karena dalam hasil verifikasi Paslon Taufik – Usman AK tidak memenuhi syara dukungan yaitu hanya mendapatkan 6.472 dukungan suara.

Pukul 10.02 Wita dilaksanakan pembacaan surat keputusan KPU Kota Bima oleh Sekretaris KPU Kota Bima tentang penetapan Paslon Walikota dan Wakil Walikota dalam Pilkada Kota Bima yang intinya bahwa Bahwa Paslon yang lolos mengikuti Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Bima tahun 2018 yaitu:
1) H. Arahman H. Abidin – Hj. Fera Amelia (Aji Man – Umi Fera) dengan partai pengusung yaitu Partai Demokrat, PDIP, PKS.

2) H. Muhammad Lutfi – Fery Sofian (Lutfi – Fery) dengan Partai Pengusung yaitu Partai Golkar, PAN, Nadem PBB, PKB, Hanura, PKPI, PPP, Gerindra.

3) Subhan M. Nur – Wahyudin (Subhan – Wahyudin) dengan jalur perseorangan atau independen.

Selanjutnya dokumen hasil penelitian diserahkan oleh Ketua KPU Kota Bima kepada para Tim Penghubung Paslon Walikota dan Wakil Walikota Bima.

Rapat pleno berakhir pukul 10.15 Wita.***