Senin (05/02), sebelum apel gabungan lingkup Pemerintah Kota Bima, Pemerintah Kota Bima diwakili Wakil Walikota H. A. Rahman H. Abidin, SE, kepada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima yang diterima oleh Kepala Biro Umum Gaspar B.

Penyerahan dilakukan di halaman Kantor Walikota Bima disaksikan oleh Plt. Sekretaris Daerah Dr. Ir. Syamsuddin, MS, Kepala Dinas Koperindag Kota Bima Nurjanah, S.Sos, para Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Bima, Camat dan Lurah serta pegawai lingkup Pemerintah Kota Bima.

Penyelesaian piutang negara ini dilakukan oleh Dinas Koperindag Kota Bima terkait dengan dana bergulir tahun 2006 dan dana bergulir tahun 2007 dengan total senilai Rp. 72.900.000,-. Hal ini dilakukan mengingat ada beberapa bantuan dana bergulir yang tidak mampu dikembalikan oleh para penerima manfaat dikarenakan usaha dari penerima dana bergulir sudah tidak ada atau bangkrut, kondisi perekonomian penanggung hutang sudah tidak mampu dan ada pula yang telah meninggal dunia.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 1960 tentang Panitia Piutang Negara pasal 4 disebutkan bahwa piutang negara/daerah pada tingkat pertama pada prinsipnya harus diselesaikan oleh instansi dan badan-badan yang bersangkutan. Apabila hal ini tidak mungkin lagi diselesaikan disebabkan penanggung jawab tidak ada kesediaan dan termasuk penanggung hutang nakal, maka instansi dan badan bersangkutan dapat menyerahkan penyelesaiannya kepada panitia urusan piutang negara (PUPN). ***