Pada hari Minggu, 21 Januari 2018 terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mulai pukul 16.12 – 18.20 WITA di wilayah Kota Bima serta hujan lebat di wilayah Kecamatan Wawo.

Ini mengakibatkan meluapnya Sungai Dodu pada pukul 17.45 WITA dan Sungai Lampe mulai pukul 18.30 – 22.45 WITA. Kedua sungai tersebut bermuara ke Sungai Padolo melewati Kumbe, Rabadompu, Rontu, Manggemaci, Dara, Paruga, dan Tanjung.

Air sempat meluap ke beberapa pemukiman warga di RT 10 Kelurahan Rontu, serta di Kampung Sigi RT 8, 9, dan 10 RW 3 Kelurahan Paruga dan sebagian wilayah Kelurahan Dara. Tinggi genangan mencapai 20 – 60 cm.

Upaya yang dilakukan adalah:

  1. Mengevakuasi masyarakat untuk sementara mengungsi di Masjid Sultan Salahudin. Jumlah pengungsi sebanyak 10 Kepala Keluarga.
  2. Melakukan pembersihan sampah dengan mobil ekskavator di Sungai Padolo yg menyebabkan tersumbatnya aliran air dan lokasi lain yang membutuhkan penanganan.

Kegiatan pembersihan diawasi oleh Wakil Walikota H. A. Rahman H. Abidin, SE, dengan melibatkan tim gabungan Pol PP, Tagana, Damkar dan TSBK.

Korban jiwa nihil.

Rumah terendam sebagai berikut:

  1. Di Kelurahan Paruga sebanyak 75 KK;
  2. Di Kelurahan Dara sebanyak  30 KK; dan
  3. Di Kelurahan Rontu sebanyak  12 KK.***