Rapat Paripurna DPRD Kota Bima dengan agenda Penutupan Masa Sidang III Tahun 2017 dilaksanakan pada Rabu malam, 20 Desember 2017. Mewakili jajaran eksekutif, Plt. Sekda Kota Bima Dr. Ir. Syamsuddin, MS, menyampaikan sambutan dalam rapat paripurna tersebut.

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Bima Fery Sofiyan, SH, dihadiri oleh sejumlah pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kota Bima.

Penutupan masa sidang III tahun dinas 2017 DPRD Kota Bima merupakan pertanda berakhirnya masa sidang yang membahas berbagai agenda penting yaitu: (1) penetapan program kerja tahunan DPRD Kota Bima tahun 2018; (2) kegiatan reses anggota DPRD Kota Bima; (3) penetapan APBD tahun 2018; (4) penetapan program pembentukan peraturan daerah tahun 2018; (5) pelantikan Wakil Ketua DPRD Kota Bima; dan (6) penetapan hasil kunjungan kerja Komisi DPRD Kota Bima ke luar daerah.

Mewakili Walikota, Plt Sekda menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian yang telah dipersembahkan oleh pimpinan dan segenap anggota DPRD, sehingga berbagai agenda tersebut bisa dilaksanakan.

Ia pun menyampaikan, memasuki penghujung tahun 2017 banyak hal yang patut disyukuri. Pada tanggal 30 November 2017, Walikota Bima telah menandatangani perjanjian hibah rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana banjir tahun anggaran 2017 dengan Menteri Keuangan di Jakarta.

“Alhamdulillah, Kota Bima mendapat bantuan hibah dari BNPB dan Menteri Keuangan senilai Rp. 166,997 milyar. Ini merupakan nilai hibah rehab rekon yang paling besar jika dibandingkan dengan daerah lain”, jelasnya.

Tim Teknis Pemerintah Kota Bima juga telah melakukan asistensi dengan Kementerian Keuangan dan BNPB untuk penggunaannya. Dana tersebut sementara diarahkan untuk pembangunan rumah bagi masyarakat terdampak banjir, terutama yang bermukim di bantaran sungai. “Kita juga masih berkonsultasi dan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat agar kiranya sebagian dana tersebut bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur”, ujar Plt Sekda.

Seperti yang disepakati dalam rapat koordinasi FKPD Kota Bima yang dihadiri oleh ketiga pimpinan DPRD Kota Bima pada hari Selasa, 12 Desember 2017 lalu, pemanfaatan dana rehab rekon ini akan dilaksanakan sesuai mekanisme yang ditetapkan, dengan melibatkan seluruh stakeholders dan dikawal oleh tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri Bima.

“Secara khusus saya mewakili Pemerintah Kota Bima menyampaikan ucapan terimakasih kepada DPRD Kota Bima, karena telah memberikan dukungan dalam berbagai program pembangunan di Kota Bima. Kolaborasi antara eksekutif dan legislatif, juga yudikatif dan aparat TNI – Polri, telah memungkinkan kita mendapatkan penghargaan dari Menteri Keuangan Republik Indonesia sebagai salah satu daerah yang berhasil menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2016 dengan capaian standar tertinggi. Kita berharap, kemitraan antar berbagai elemen ini bisa terus diperkuat”, harap Plt Sekda.***

(Plt. Kabag Humas & Protokol Setda Kota Bima,
Syahrial Nuryadin, S.IP.,MM)