Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan, SH, mencanangkan Kampung KB di Kelurahan Sambinae pada Kamis, 11 Oktober 2018. Pencanangan Kampung KB merupakan kegiatan lintas sektoral melibatkan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Dinas Kesehatan (Dikes), dan unsur terkait lainnya. Ini merupakan bagian dari program pemerintah untuk mengatasi masalah kependudukan serta terbinanya peserta KB aktif.

Hadir Kapolres Bima Kota AKBP Ida Bagus Made Winarta SIK, Ketua DPRD Kota Bima Syamsurih SH, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bima, Anggota DPRD Kota Bima, Ketua TP PKK Kota Bima Hj. Ellya H. Muhammad Lutfi, SE, Ketua GOW Kota Bima Jumriah Feri Sofiyan, Ketua Iswara Kota Bima, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Bima, Camat dan Lurah, TP PKK Kelurahan, tokoh masyarakat serta masyarakat sekitar.

Lurah Sambinae Fadil, S.STP, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan mengungkapkan rasa suka citanya karena Kelurahan Sambinae dicanangkan menjadi salah satu Kampung KB yang ada di Kota Bima.

Dilaporkannya mengenai kondisi Kelurahan Sambinae, tepatnya RW 02 sebagai lokasi pencanangan Kampung KB.

Wilayah ini menjadi salah satu dari 6 RW yang ada di Kelurahan Sambinae yang secara tipologi wilayahnya memanjang dari selatan ke utara dengan luas wilayah lebih kurang 10 hektar. Jumlah penduduk Kelurahan Sambinae RW 02 berdasarkan pendataan Keluarga Tahun 2015 berjumlah 1.141 Kepala Keluarga.

Sementara itu Kepala DPPKB Kota Bima Drs Suriadi, M.Pd, menyampaikan pencanangan kampung KB tahun 2018 ini merupakan tahun ketiga sejak dimulainya program ini di Kota Bima pada Tahun 2016 lalu. Pada tahun 2018 ini akan dicanangkan di 10 Kelurahan salah satunya Kelurahan Sambinae sebagai lokasi awal pencanangan.

Disampaikannya pula bahwa sebelum pelaksanaan pencanangan ini, DPPKB Kota Bima bersama masyarakat telah melakukan kegiatan pemutaran film, gotong royong pembersihan lingkungan, juga melakukan berbagai persiapan kelompok-kelompok kegiatan seperti Kelompok Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia, Kelompok UPPKS, kelompok PIK masyarakat dan lainnya. Selain itu, beberapa OPD juga turut berpartisipasi dalam pencanangan Kampung KB dan terintegrasi dengan program KKBPK sehingga beberapa OPD juga dapat memberikan pelayanan di tempat pencanangan Kampung KB.

Ketua TP PKK Kota Bima dalam arahannya mengajak seluruh kader PKK yang tersebar hingga level dasa wisma untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan keterampilannya di masyarakat, khususnya terhadap ibu-ibu di kelurahan.

“Kader-kader PKK agar mampu memonitor ibu-ibu di sekitarnya yang sedang hamil atau usai melahirkan serta melakukan upaya yang sinergis untuk mensukseskan program KB dan bekerjasama dengan petugas lapangan KB (PLKB)”, ujar Ketua TP PKK Kota Bima.

Wakil Walikota Bima dalam sambutannya mengatakan, Kampung KB ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat pada tingkat kelurahan dengan kriteria tertentu. Diharapkannya giat Kampung KB ini tidak terhenti setelah dicanangkan namun dapat bergema dalam kegiatan kelanjutan yang nyata di masyarakat.

“Mari kita tingkatkan kerjasama, kekompakan agar kampung KB menjadi kebanggaan kita bersama dan berhasil guna”, ujar Wakil Walikota.

Ia mengatakan, harus ada will power atau tekad dalam mendukung dan mensukseskan program KB. Ia berharap, program yang telah dicanangkan dapat berjalan dengan dukungan seluruh masyarakat.

“Apabila sudah tahu manfaatnya, maka akan sadar bahwa program tersebut sangat berguna, bukan hanya untuk keluarga tapi juga bagi masyarakat, bangsa dan negara,” pungkasnya.

Sesaat sebelum pencanangan, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB Drs. Samsul Anam secara resmi melantik pengurus Kampung KB Kelurahan Sambinae yang diketuai oleh Sriwati.

Pada kesempatan tersebut, juga secara simbolis diserahkan bantuan berupa Al-Quran, Iqro, KTP, Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga oleh Wakil Walikota didampingi oleh BKKBN Provinsi NTB, Ketua TP PKK Kota Bima, dan Ketua GOW Kota Bima.

Acara kemudian dilanjutkan dengan peninjauan beberapa lokasi yakni lokasi pelayanan kesehatan dan pelayanan perekaman KTP oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bima.***