Penjabat Walikota Bima Drs. H. Wirajaya Kusuma, MH, menghadiri Rapat Teknis Apeksi dan Kongres ke-7 United Cities and Local Governments Asia Pasific (UCLG ASPAC) yang berlangsung di Hotel Dyandra Surabaya tanggal 13-15 September 2018, yang menghadirkan pembicara Menteri BPN/Kepala Bappenas.

Kongres diikuti 800 peserta dari berbagai unsur, mulai dari para Walikota anggota Apeksi dan para Walikota anggota UCLG ASPAC, hingga akademisi dan tenaga ahli dari berbagai bidang yang berasal dari 50 kota dari berbagai Negara di Asia Pasifik.

Kongres UCLG ASPAC merupakan forum penting yang dapat memberikan peningkatan pemahaman tentang implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) kedalam perencanaan pembangunan daerah.

Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menginisiasi kegiatan rapat kerja teknis Apeksi yang pelaksanaannya dirangkai dengan Kongres ke-7 UCLG ASPAC. Ini merupakan tindak lanjut hasil Rapat Kerja Nasional Apeksi di Tarakan, yang mengamanahkan agar pemerintah daerah mampu mensinergikan program yang terkait dengan SDGs ke dalam RPJMD.

Kongres UCLG ASPAC dan Rapat Teknis Apeksi ini digelar untuk meningkatkan pemahaman terhadap 17 tujuan dan 169 target pembangunan berkelanjutan, memahami mekanisme pengintegrasian tujuan pembangunan berkelanjutan dalam dokumen perencanaan daerah, memahami pembelajaran Pemerintah Daerah yang telah melakukan pengintegrasian TPB dalam dokumen perencanaannya serta pelaksanaannya.

Tujuan lain adalah untuk merumuskan rekomendasi kepada Pemerintah sebagai langkah efektif dalam pencapaian TPB pada tataran Pemerintah Daerah.

Penjabat Walikota Bima hadir bersama Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, serta Kepala Bagian Adiministrasi Pemerintahan dan Plt. Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Bima.***