Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah Tingkat Kota Bima diwarnai dengan kegiatan Pawai Taaruf dan Tabligh Akbar pada Rabu, 12 September 2018. Pawai taaruf berlangsung meriah dan diikuti ribuan peserta yang terdiri atas para pelajar, Aparatur Sipil Negara (ASN), kelompok majelis taklim dan pondok pesantren se-Kota Bima.
Peserta pawai dilepas oleh Staf Ahli Walikota Bima Drs. M. Saleh, dari Paruga Nae Convention Hall Kota Bima dan diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Bima Drs. H. Mukhtar, MH, bersama jajaran di halaman Kantor Walikota Bima.

Salah satu sekolah peserta pawai yakni MTSN 1 Kota Bima menampilkan tarian hadrah, sementara sekolah lain diantaranya SMPN 2 Kota Bima menampilkan pasukan drumband.

Seluruh peserta pawai taaruf kemudian bersama-sama mengikuti acara tabligh akbar yang dilaksanakan di halaman Kantor Walikota Bima. Hadir pula Ketua DPRD Kota Bima Syamsurih, SH, unsur FKPD Kota Bima, Ketua Iswara Kota Bima, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat se-Kota Bima.

Tabligh akbar diawali dengan pidato 1 Muharram 1440 Hijriah dalam 3 bahasa yakni Bahasa Indonesia yang disampaikan oleh Nurmiati siswi dari MAN 1 Kota Bima, Bahasa Arab disampaikan oleh Ahmad Zulfa siswa MTsN 1 Kota Bima, dan Bahasa Inggris disampaikan oleh Radiatan Mardiah siswi dari MAN 2 Kota Bima.

Sekretaris Daerah Kota Bima menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia penyelenggara dan seluruh peserta pawai taaruf peringatah tahun baru 1440 Hijriah. Kegiatan ini menjadi media silaturahim antara Pemerintah dan masyarakat untuk memperkuat semangat kebersamaan dalam membangun daerah.

Alhamdulillah, setiap tahunnya para pegawai dan berbagai elemen masyarakat selalu antusias ikut ambil bagian meramaikan peringatan Tahun Baru 1 Muharram”, puji Sekda.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan haji Kota Bima Tahun 2018.  Seluruh jamaah haji Kota Bima telah kembali dalam keadaan sehat wal’afiat pada hari Senin (10/09) dan mendapatkan pelayanan yang prima dari panitia haji.

Mengakhiri sambutannya, Sekretaris Daerah menghimbau seluruh pihak untuk mewaspadai penyalahgunaan obat-obatan keras. Dimintanya Camat dan Lurah untuk memperkuat koordinasi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah dengan turut melibatkan para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian uraian hikmah 1 Muharram oleh Ustadz Drs. H. Adnan H. Ahmad. ***