Senin, 13 Agustus 2018, bertempat di halaman Kantor Walikota Bima dilaksanakan Upacara Peringatan HUT Pramuka ke-57 Tahun 2018 tingkat Kota Bima. Bertindak selaku inspektur upacara, Sekretaris Daerah Kota Bima Drs. H. Mukhtar, MH.

Hadir Anggota FKPD Kota Bima, Asisten II Setda Kota Bima Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bima, Plt. Asisten III Setda Kota Bima Bidang Administrasi Umum, Kepala OPD lingkup Pemerintah Kota Bima serta Camat dan Lurah, para Pembina Pramuka, para Kepala Sekolah dan pelajar yang berasal dari berbagai sekolah yang ada di Kota Bima sebagai peserta upacara.

Tema HUT Pramuka kali ini adalah “Dengan Semangat Hari Pramuka ke-57 Tahun 2018 Kita Jadikan Pramuka Sebagai Perekat NKRI“.

Sekretaris Daerah Kota Bima membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Dr. Adhiyaksa Dault, SH, Msi. Dikatakan bahwa gerakan Pramuka yang tersebar di seluruh Indonesia merupakan garda terdepan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Dalam konteks Indonesia, gerakan pramuka menjadi “Rumah Kita Bersama”, dan itulah harapan bangsa ini kepada gerakan Pramuka. Tema “Pramuka perekat NKRI” menegaskan bahwa Pramuka tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI.

“Usia 57 tahun jelas merupakan waktu yang tidak pendek untuk membuktikan bahwa gerakan ini telah memberikan konstribusi yang nyata dalam mencetak calon pemimpin bangsa Indonesia”, ujar Sekda.

Seluruh masyarakat, khususnya orang tua dan guru, dihimbau agar tidak ragu-ragu untuk memberikan kesempatan sekaligus dukungan kepada putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan kepramukaan di gugus depan masing-masing.

Diharapkan pula kepada anggota Pramuka dalam menghadapi tahun politik ini hendaknya dapat memberikan kesejukan dan jangan terlibat dalam hiruk pikuk perpolitikan meskipun sebagai warga negara masing-masing punya hak politik.

“Hendaknya gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan luar sekolah jangan terlibat dalam politik praktis”, pesan Sekda.

Sekda juga menyampaikan ucapan terima kasih Ketua Kwartir Nasional kepada semua pihak yang telah banyak memberikan bantuan bagi perkembangan dan kemajuan gerakan Pramuka, serta ucapan selamat kepada para pelatih dan pembina yang mengikuti Karang Pamitran Nasional mulai tanggal 13-19 Agustus 2018 di Desa Lebak Harjo Kabupaten Malang Jawa Timur. Kegiatan ini diharapkan bisa berjalan sukses serta membawa dampak pada peningkatan kualitas pendidikan kepramukaan.***